Ayo Belajar Memasang Senar Gitar Akustik


Kalau senar gitar akustik kamu berkarat, atau bahkan putus. Itu artinya sudah saat kamu mengganti senar gitar kamu. Banyak pemain gitar yang memilih untuk mengganti satu senar gitar saja yang bermasalah tadi, tapi sebenarnya disarankan untuk mengganti semua senar gitar supaya tidak ada perbedaan kualitas suara antar senar yang lama dan yang baru. Memang bakal butuh biaya yang lebih banyak dibanding kalau hanya membeli satu senar. Tapi untuk yang membutuhkan suara yang sempurna untuk gitar-nya, ya, pilihan itu wajib dilakukan.

Kita mulai belajar dari gitar akustik dulu ya, untuk yang elektrik di artikel selanjutnya.

Siapkan alat-alat untuk mengganti senar gitar kamu seperti:

1. Pemutar dryer (peg winder)
2. Tang potong (tang pemotong kabel)
3. Lap dan guitar polish/cleaner / cairan untuk membersihkan body gitar.

(Alat alat ini bersifat optional / pilihan / tidak wajib ya, jika ada akan lebih baik dan memudahkan kita, tapi jika tidak kita tetap bisa memasang senar kok, hanya mungkin lebih sulit, dan mungkin tanpa tang potong, senar jadi sisa banyak di ujung bagian head-guitar)
(Untuk pemutar dryer dan guitar polish/cleaner di Pondok Daud Musik di jual kok).

550px-Change-Guitar-Strings-Step-3

1. Kendurkan satu persatu ke-enam dengan cara putar dryertuning machine.

3. Setelah ke-enam senar dikeluarkan. Ini saat yang baik untuk sekaligus membersihkan fingerboard  dan body gitar kamu. Fingerboard adalah tempat keringat dan kotoran dari tangan kamu tinggal. Kotoran dan keringat inilah yang dapat merusak fretboard dan fret. Lap gunakan kain yang halus (katun) dan gunakan minyak khusus untuk membersihkan kayu atau minyak khusus pembersih body gitar.

4. Setelah gitar kita ‘kinclong’ lagi. Mulai pasang senar gitar kamu.

6. Potong senar secukupnya menggunakan tang potong. Panjang senar yang disarankan adalah dari pasak ke tuner beri tambahan kurang lebih 10cm. Tapi untuk senar 5 dan 6, beri kelebihan senar kurang dari 10cm karena senar-senar tersebut lebih tebal.

Baca juga artikel: Cara Memilih Senar Gitar Akustik Folk.

7. Masukan ujung senar ke lubang di ujung tuning machine / dryer. Bengkokan senar 90 derajat kemudian putar dryer. Jangan sampai salah, mengencangkan senar adalah dengan cara memutar dryer ke arah kanan. Lakukan hal ini sampai keenam senar terpasang semua.

8. Lalu tahap akhir adalah dengan tuning gitar kamu. Gunakan tuner sampai semua senar ada di nada yang benar. Standar tuning senar gitar adalah 1(e) 2(B) 3(G) 4(D) 5(A) 6(E).

Sedikit tips agar senar kamu lebih awet, tidak mudah berkarat, lebih terjaga tone-nya, dan lebih nyaman saat dimainkan, usapkan string cleaner atau minyak khusus untuk senar gitar. Dengan string cleaner kotoran atau keringat dari jari kamu juga tidak mudah menempel di senar, dampaknya, fretboard dan body gitar lebih bersih. (Nda)

NB:
Tuner, pembersih senar, dan pembersih body gitar tersedia di Pondok Daud Musik.
Pustaka: wikihow.com

Tag:
cara mengganti senar gitar, ganti senar gitar akustik, senar gitar akustik, tutorial.